Senin, 18 April 2011

KEBOHONGAN FILM KERETA HANTU MANGGARAI

SEBUAH HIMBAUAN KONYOL

“Berhati-hatilah. Di stasiun Mangarai, kereta itu berhenti. Kereta yang hanya terdiri atas empat gerbong. Gambar bulan sabit dengan pilox di salah satu gerbongnya. Jangan! Jangan pernah menaikinya. Atau, kau tak akan pernah kembali!!!”

Dua Rumah Produksi dengan dua sutradara yang berbeda rame-rame mengangkat fenomena kereta hantu di stasiun Manggarai. Film mana yang lebih baik? Sama sekali enggak ada yang paling baik. Mungkin pertanyaan yang paling tepat adalah Film mana yang lebih buruk berhubung kedua sutradaranya memang sama sekali enggak punya bakat dalam menggarap genre horror tentang perkeretaapian. Kedua sutradara itu yakni Nayato Fio Nuola (Kereta Hantu Manggarai); yang juga menggarap Hantu Ambulance) dan Nanang Istiabudi (Kereta Setan Manggarai ) yang tak lain adalah sutradara dari Terowongan Casablanca


Berikut Penjelasan singkat 2 Film Konyol tersebut :



KERETA HANTU MANGGARAI


Genre : drama horor misteri
Pemain : Sheila Marcia Joseph, Melvin Iim, Stefanie Hariadi, Nadila Ernesta, Rina Hasim, Gianina Emanuela, Fendi Trihartanto
Sutradara : Nayato Fio Nuala
Penulis naskah : Ery Sofid
Produser : Gope T. Samtani, Subagio Samtono
Rumah produksi : Rapi Films
Durasi : 89 menit

Alur Cerita :

Kakak beradik Rossa (Sheila Marcia) dan Emily terjebak dalam sebuah pertengkaran, sikap egois dan keras kepala yang dimiliki Emily ternyata membuat Rossa lepas kontrol, ia pun mengusir adik kandungnya tersebut dari rumahnya. Emily pun pergi ke Bogor untuk menemui tantenya.

Ternyata Rossa tidak pernah bertemu dengan Emily sejak malam pertengkaran itu. Dalam kebingungan, Rossa menceritakan semua kejadian kepada sahabatnya, Tari yang kemudian menaruh curiga, bahwa Emily dibawa pergi oleh kereta hantu. Meski tidak pernah percaya, Rossa mengikuti ajakan Tari untuk menemui Bobby, orang yang menjalankan situs 'Dunia Gaib' dan sangat terobsesi dengan kereta hantu. Konon, kekasih Bobby meninggal secara tragis akibat naik kereta hantu.

Bobby mengajak Dody dan Peggy untuk menaiki kereta hantu dibantu oleh Ki Anom, seorang paranormal yang sama sekali enggak jelas Kredibilitasnya dalam dunia Perkeretaapian. Di stasiun Manggarai mereka melakukan ritual yang sedikit konyol menurut pandangan saya, yakni “mendatangkan” KRL ke stasiun tersebut. Sengaja saya sebut konyolo karena berarti KRL tersebut berjalan tidak sesuai Gapeka yang ada alias berjalan secara KLB. Setelah muncul, mereka akhirnya menaiki kereta hantu tersebut. Berbagai peristiwa mengerikan terjadi selama mereka di atas kereta hantu. Akhirnya, mereka selamat berkat pertolongan Ki Anom.

Apa yang terjadi di dalam kereta hantu rupanya terus meneror dan mengikuti mereka satu persatu, terutama sosok hantu yang paling mengerikan yang tidak jelas asal muasalnya serta hubungannya dengan KRL. Satu persatu mereka tewas dan Rossa juga kerap mengalami penampakan. Rossa akhirnya terpaksa meminta Tari untuk bertemu kembali dengan Bobby. Bobby kembali membantu Rossa mencari Emily yang hilang diatas Kereta Hantu dengan bantuan Ki Anom.

KERETA SETAN MANGGARAI


Genre : Drama Horor
Pemain : Vera Lasut, Ocke Mulyawan, Ferry Agustian, Nelly Yustikarini, Renaldo Thompson
Sutradara : Nanang Istiabudi
Penulis Naskah : Kumar Pareek, Dhiyute
Produser : Sagar Mahtani
Rumah Produksi : MM CREATIONS
Durasi : 100 Menit

SINOPSIS :

Key, Fifi, Dado, Rey dan Fajar merencanakan sebuah liburan yang mengasyikkan di Bandung, namun perjalanan mereka sedikit terhambat, karena Dado harus mencari kabar dua orang sepupunya yang tak kunjung pulang selepas berlibur ke Bogor. Raut khawatir yang ditunjukkan oleh Om Dado saat mengatakan, bahwa kedua sepupunya telah pulang sejak semingu lalu membawa mereka ke dalam sebuah pencarian yang awalnya terlihat mudah.

Perjalanan membawa mereka ke sebuah jalan buntu yang menyesatkan, hingga kemudian kejadian aneh mulai bermunculan satu demi satu, rumah tua ditengah hutan, kakek dan cucunya yang misterius hingga kecelakaan yang menyebabkan mobil mereka tertabrak kereta. Berusaha mencari pertolongan, mereka pun berlari menyusuri rel menuju stasiun terdekat (stasiun mana pak Sutradara?). Lelah dan panik menyebabkan mereka melupakan semua pesan dan cerita dari Om-nya Dado untuk tidak naik kereta pada malam jum'at. Merekapun naik kereta yang kebetulan sedang berhenti di stasiun tersebut, kereta terakhir menuju Jakarta.

Rasa aman yang sempat melingkupi mereka berubah drastis saat satu demi satu mulai merasakan gelagat aneh yang ditunjukkan oleh para penumpang kereta, hingga ketika mereka sadar, bahwa kereta ini tak jua berhenti di beberapa stasiun. Berjuang untuk bisa bertahan, kebersamaan mereka pun dipertaruhkan karena untuk bisa keluar salah satu dari mereka harus menjadi tumbal.

#########

Cerita yang Konon adalah "Kisah Nyata" tentang Kereta Hantu binti Setan Manggarai, adalah Cerita tentang Kereta hantu itu sendiri dan bukan tentang Benar atau Tidaknya cerita tersebut. Saat berusaha Googking untuk menemukan versi awal Kisah ini, yang ditemukan justru cerita dari cerita itu sendiri alias synopsis film maupun isi cerita yang ada didalam novel. Sama sekali tidak menemukan relevansi cerita yang dianggap KISAH NYATA pada umumnya.

Lucunya, ada 2 Sutradara "BERPENDIDIKAN" yang justru malah menyajikannya sebagai suatu kebohongan publik ! (untuk membodohi masyarakat). Kalo memang ini kisah nyata, saya siap adu debat dengan 2 Sutradara Konyol ini. 2 lawan 1. Empat lawan satu deh sama penulis naskahnya sekalian atau sama siapa saja yang dengan sengaja atau tidak telah membubuhkan tulisan “Kisah Nyata” pada kedua film ini.

Berhubung ini film konyol yang mengatasnakaman Fakta/cerita rakyat maka saya akan menjawab ataupun berargumen dengan cara yang konyol juga untuk mematahkan pernyataan dan argument mereka yang telah memfilmkan kisah ini tanpa melalui riset yang mendalam. berapa hal yang tidak mungkin dalam film-film KISAH NYATA tersebut antara lain :
  1. di Film Pertama (KHM) diceritakan Kereta bergerak Dari Manggarai (Jakarta) Menuju Bogor, sedangkan di Film Kedua (KSM) malah sebaliknya dari Bogor menuju Jakarta. Jika ini kisah nyata, (1) kenapa ada perbedaan versi. Bukankah kebenaran itu hanya ada satu? (2) jika mengatasnamakan Kisah nyata, kenapa yang diceritakan bukan KISAH NYATA nya itu sendiri, tapi malah bumbu dari kisah ini yang terkesan lebih menonjol
  2. Darimana hantu-hantu itu belajar mengendarai kereta api?, aku yang Railfans aja belum tentu bisa. Apalagi menjalankan KA tanpa menyalakan mesin
  3. Kalo memang hantu kereta ini ada, maka mereka merupakan hantu paling iseng yang pernah ada. Ngapain coba hantu repot-repot menjalankan kereta api? Kalo memang ada Keperluan dari Jakarta mau ke Bogor atau sebaliknya, kenapa enggak terbang atau ngilang aja? Padahal di Film tersebut khan jelas-jelas digambarkan jika mereka mampu menghilang dan bergentayangan kesana-kemari. Moso' kalah sama Doraemon?
  4. Judul Kedua Film Konyol ini adalah Kereta bla bla bla Manggarai, namun kenapa penggambarannya justru KRL ? Bagi orang biasa tentu tak ada perbedaan yang berarti. Tapi bagi Railfans, kereta biasa dengan KRL tentu berbeda. Lain kali kepada Sutradara dan Penulis Naskah, Harap Perhatikan Penggunaan Kata yang lebih spesifik agar tidak menimbulkan kerancuan bahasa
  5. Coba Perhatikan Poster Kereta setan Manggarai, disana ada gambaran/pencitraan yang salah tentang kereta api. Perhatikan Konstruksi rel yang Nyleneh. ini jelas membuktikan bahwa mereka tidak tahu apa-apa soal Perkeretaapian, tapi kok berani-beraninya membuat film yang justru objek latar belakang utamanya adalah Kereta api. Ini tentu justru malah akan merusak Citra Perkeretaapian itu sendiri
  6. di salah satu film diceritakan jika ada Petugas Penjaga Pintu Perlintasan yang melihat KA melintas malam-malam. Jika memang benar, harap disebutkan diperlintasan mana (berapa) petugas itu berjaga. Dengan mengetahui lokasi tersebut, kita bisa telusuri siapa yang berbicara. Kalaupun petugas tersebut sudah tidak lagi aktif, tentu PT KAI punya datanya dong tentang siapa saja pegawainya yang berjaga di perlintasan tersebut? Kepada Penulis Naskah dan Sutradara, jangan asal menuduh kepada para Pahlawan Perkeretaapian yang tersisihkan tersebut. Mereka telah dengan ikhlas mengabdi untuk mengamankan perjalanan Kereta Api meski dengan gaji yang tidak seberapa. Kalau diibaratkan, mereka lah yang punya tanggung jawab segede pilot namun gaji seperti kenek angkot. Maka dari itu, jangan perparah lagi dengan mengkambinghitamkan mereka atas kekonyolan ini seolah-olah sumber Kisah ini adalah dari para petugas tersebut. Coba bayangkan, berapa banyak korban perharinya jika pintu perlintasan tidak dijaga oleh mereka sedangkan orang-orang kita umumnya teledor dan enggak sabaran saat melintasi pintu perlintasan? Coba bayangkan lagi, berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan PT KAI untuk menyantuni/membayar asuransi para korban yang tertabrak dipintu perlintasan ? sudah saatnya kita memberikan apresiasi kepada Mereka yang telah bertugas dengan penuh tanggung jawab. Sekecil apapun apresiasi itu, tentu akan membuat mereka lebih bersemangat untuk menjalankan tugasnya. Mereka tak lagi merasa tersisihkan dari Profesi KA lainnya. Mereka juga akan sedikit bangga dengan Pekerjaannya yang sebelumnya hanya disalahkan jika ada kecelakaan di Perlintasan yang mereka Jaga
  7. Di film tersebut, kalau tidak salah (sudah lupa sih, dah lama banget) diceritakan KA terakhir yang jadi biang keladi hal-hal aneh tsb melintas pukul 22.00 lebih. Namun ketika ekspedisi kemarin, kami menaiki KA yang jauh lebih Malam (Pkl 23.00) tapi gak ada-apa apa tuh … Sama sekali enggak ada kesan angker, seram, dll.
  8. Hal yang paling mungkin dari KRL yang berjalan sendiri adalah karena Rem Blong, Kereta Melintas dari Stasiun Bogor menuju arah Jakarta akibat adanya perbedaan ketinggian. Namun Kenapa di Salah satu Film tersebut yang digambarkan justru dari Jakarta Menuju Bogor?

    Pada hukum fisika, Bobot Mati Kereta dikali dengan Ketinggian harusnya sebanding dengan hasil kali Jarak dan Gaya Dorong (tanpa melibatkan gaya normal) secara matematis dirumuskan sebagai W x H = F x S dimana W adalah Berat, H adalah Ketinggian, F adalah Gaya, dan S adalah Jarak.
  9. Pertanyaan mungkin akan muncul atas pemaparan saya di point sebelumnya misalnya “Kalo gitu, berarti sangat mungkin dong jika Kisah yang di Ceritakan Nyata dalam Film kedua (KSM) soalnya kereta bergerak dari Bogor menuju Jakarta ?” Nah sebelum pertanyaan ini muncul dipermukaan, maka akan saya jawab duluan. Begini, Anggap Saja benar ada kereta yang berjalan meluncur dari Bogor menuju Jakarta, namun sebelum anda bertanya kepada saya, tolong pikirkan lagi pemaparan saya berikut ini : KA yang berhenti dari perjalanan terakhir di stasiun akhir secara prosedural biasanya akan segera masuk Dipo. Sangat tidak mungkin jika KRL tersebut di parkir di luar dipo alias malah di depan stasiun. Kecuali jika stasiun tersebut tidak memiliki Dipo. KA yang meluncur dari Bobor menuju Jakarta, hanya akan terjadi jika KRL masih berada di Jalur Utama (sepur lurus) karena dengan demikian KA tersebut tidak tertahan oleh rel. Jika KRL tersebut masih berada di sepur lurus, berarti masih ada petugas/masinis yang mengendalikan. Sangat tidak mungkin masinis menelantarkan keretanya begitu saja di depan stasiun. Setelah selesai mengantarkan penumpang menuju stasiun akhir, tugas masinis masih belum selesai. Ia masih harus memasukkan KRL tersebut ke Kandangnya. Kalaupun terjadi salah prosedur ketika ia hendak memasukkan KRL tersebut ke Dipo, misalnya PPKA lupa membelokkan KRL ke Rel yang menuju dipo, pastilah ada prosedur penyelamatan standar yang harus dilakukan baik masinis maupun Petugas di stasiun. 1 lagi, jarak Manggarai - Bogor lumayan panjang, sekitar 45 Kilometer, masa sih dengan jarak yang lumayan panjang itu KRL gak bisa dihentikan di stasiun yang berada diantaranya ? (pasar minggu, cilebut, citayam, dll. Misalnya). Sekali lagi, konyol yah, hal sepela seperti ini aja kok tidak terpikirkan oleh para penulis naskah dan sutradara. Pengandaian lagi neh, Kalaupun misalnya ada kejadian KRL yang NJOLOROG alias meluncur dari Bogor ke Manggarai, mestinya ada pemberitahuan dari stasiun Bogor ke stasiun berikutnya untuk melakukan penanganan, minimal ya dioper ke spoor badug atau diganjel Relnya atau gimana kek biar tuh KRL enggak nerus sampe Manggarai yang tentunya pasti bakal membahayakan para pengguna angkutan jalan raya yang melewati perlintasan.
  10. Yang paling konyol tentu saja di Film pertama dimana salah satu pemainnya yang juga gemar menelusuri dunia-dunia gaib menceritakan jika KRL Hantu tersebut berasal dari KRL yang mengalami kecelakaan Pada sekitar tahun 2003 dimana KRL naas tersebut masuk jurang dan pada akhirnya penumpangnya mati semua. Kisah Konyol harus dibantah dengan argumen konyol juga. Maka pertanyaan Konyol saya kali ini adalah “ Emang di Petak Jakarta – Bogor ada jurang ya? Mohon dijawab dengan akal sehat sampeyan.
  11. Aroma mistis dalam dunia perkeretaapian memang sudah pasti ada, karena pada umumnya jalur Kereta api dibuat dengan pengorbanan nyawa yang tidak sedikit dari para pekerja Paksa di jaman penjajahan. Namun kalo hantu bin setannya adalah pengendara Kereta kayaknya terlalu berlebihan deh…
  12. Jika sampeyan masih ngotot kalo Cerita yang sampeyan filmkan adalah KISAH NYATA, saya tantang sampeyan mblusuk bareng bertiga Pas Jum'at Kliwon atau selasa wage plus mengadakan ritual pemanggilan seperti yang tergambar di salah satu adegan film tersebut, gimana ? Hayo Berani Gak mempertanggungjawabkan Tulisan "Kisah Nyata" di Iklan Film Konyol Sampeyan !
  13. Penjelasan ini masih terlalu singkat untuk membantah semua kekonyolan ini, masih banyak hal-hal lain yang masih bisa dibantah dari skenario murahan kalian. Sebagai Railfans, saya tidak terima dengan ulah segelintir orang yang mengotori citra perkeretaapian hanya demi menangguk sekarung rupiah
  14. lain kali, kalo mo bikin film yang berdasar kisah nyata, apalagi yang berbau rada ganjil, harap melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu, cari informasi yang relevan sebanyak-banyaknya dari pihak-pihak terkait, dan jangan lupa libatkan orang-orang yang berada di lingkup tersebut untuk berdialog.



Semoga dapat menjadi bahan renungan bagi mereka yang berakal

24 komentar:

  1. mantap sekali analisisnmya bos..

    BalasHapus
  2. bener gan pernyataan agan, jalur jakarta-bogor atau sebaliknya gak ada yg ngelewatin jurang. ane juga biasanya naek Commuter diatas jam 21.00 tapi gak ada hal aneh apapun.

    BalasHapus
  3. namanya jugq film coy
    Ngapain diangep serius

    BalasHapus
  4. Hebat analisisnya, emang deh film indonesia itu pnurunan kualitas :D

    BalasHapus
  5. Kejadian nya begini bos ,waktu itu sekitar jam 10 malem di depo bogor gak dipasang kunci rel melintang yang dipasang di atas rel, ya otomatis kereta jalan sendiri klo gal salah gak jauh kok cuma deket2 pasar anyar gitu, nah setelah kejadian itu masaryarakat heboh katanya kereta setan padahal tuh kereta lupa gak dikunci akhirnya nyelonong, semenjak kejadian itu PJKA sekarang memasang kunci batangan REL bekas yang di gembok melintang di atas rel buat ganjal kereta gak nyelonong akibat perbedaan ketinggian antara bogor -jakarta
    Sumber ane
    Dari petugas PJKA st bogor dulu 2010,

    BalasHapus
  6. Gimana bisa majuin perfilman indonesia kalo penontonnya cuma bisa menjatuhkan? Sekarang film horror luar yang ga banget juga dibilang lebih bagus dari film horror indonesia yang lebih baik sebenernya. Kenapa? Karena mereka udah kedoktrin film luar itu bagus dan indonesia enggak. Emangnya mereka-mereka MAMPU bikin film sesuai yang mereka bacotin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doh lagi lagi ada tukang bacot yang argumennya "emangnya situ bs buat bla bla bla"
      Diliat lagi mba, si penulis ga terima sama citra perkereta apian yg dikotori sama film ga niat yg cuma berusaha menjual image pake kata kata "KISAH NYATA" padahal jelas jelas itu cuma imajinasi tolol dr penulis naskah sama sutradaranya. Lagian apa yg mau dibanggain dr film Indonesia kalo filmnya aja buatnya aja asal asalan kaya gitu.
      NB : Liat rating dari kedua film tadi, dan mba akan tau bahwa ini film emang tolol

      Hapus
  7. Ehehehe intinya mah film horror itu bukan edukasi gan,, tapi mistis itu memang ada sih tapi di kasus ini terlalu mengada2,, dan bner juga nih buat analisisnya, hebat brooo... ane suka kpedulian ente terhadap petugas pintu lintasan,,,, mereka itu pahlawan bro, ga ada mereka ya kacau jafinya... pokoknya top dah

    BalasHapus
  8. Ehehehe intinya mah film horror itu bukan edukasi gan,, tapi mistis itu memang ada sih tapi di kasus ini terlalu mengada2,, dan bner juga nih buat analisisnya, hebat brooo... ane suka kpedulian ente terhadap petugas pintu lintasan,,,, mereka itu pahlawan bro, ga ada mereka ya kacau jafinya... pokoknya top dah

    BalasHapus
  9. Betul tuh gan,itu bukan karena hantu gaib lainya blablabla lah...itu cuma rem parkir di itu krl ga bener bener di atur...pas holec lagi distart...bergetar lalu rem blok lepas ya udah jalan sampe manggarai (DARI BOGOR)
    di ini kok malah dari MRI-BOO

    BalasHapus
  10. Just my opinion, KRL yang muncul adalah KRL Rheostatik batch 78 / 83 / 84 (KHM) dan KRL Tokyu seri 8500 (8608F) (KSM). Lucunya masa KRL di KSM ada toilet ? Sepadahal KRL bertoilet di Indonesia pernah dimiliki KRL seri Rheostatik tetapi sudah dicopot. Another again, mengingatkan saya tentang KRL Izukyu 8000 dimana adalah eks seri Tokyu 8000 namun telah direfurbish tetapi versi KSM lebih fail lagi. Itu saja

    BalasHapus
  11. kritik boleh .... tapi jangan menjatuhkan ... apalagi sampai mau adu debat ... gak mikir ....

    BalasHapus
  12. Betul banget gann... banyak yang dilua logika kejadiannya

    #salam_Railfans

    BalasHapus
  13. Udah ah mls pd ngebacot..org indo isane bacot blm tentu bs buat filmnya plgi jd sutradara.bsny kritik n jtuhin itulah org indo..da liat tgl liat aja g sa pd bacot susahnya gmn se..buat fun ja g sah dipikiran..meh nipu ga itu urusan mrk..kt tgl liat ja.da g sa ngebacot..blm tentu kt bsa buat film..

    BalasHapus
  14. Org blh kmentar kritik klo dia mrs lbh baek dlm sgalanya sma org tsb yg dikritik dlm sutradara,ambil jdul fim dsb..klo blm isa mndg diem liat film ja..hav fun jgn dpkrin..

    BalasHapus
  15. Gini gan...kalau menurut ane dari sekian berita dan googling ane uda nyimpulin kalau hantu ini (MUNGKIN) ada [ane gk ngomong pasti loh ya]. Kereta hantu itu bukannya hantu ngendarain kereta beneran gan... tetapi dari awal keretanya juga gaib. Misal, ane mau nyeritain secara singkat cerita aslinya : si slamet ngelihat ada kereta melintas pukul 23.00 malam sbenernya dia sudah tau jadwal terakhir kerata adalah jam 22.00 dalam arti tidak akan ada kereta yg lewat. Kereta itu sebenernya yg bisa ngelihat itu cuman si slamet aja. Kalau misal agak jauh ada petugas yg lagi jaga. Petugas itu gak tau kalau ada kereta. Dalam arti dia gk ngelihat kereta itu dan cuman slamet aja yg lihat. dia masuk dan sebelum keluar dia diingetin oleh masinis untuk keluar dengan kaki kiri terlebih dahulu atau kejadian buruk akan terjadi. Saat si slamet mau mengucapkan terimakasih (iseng) karna sudah larut malam masi ada yg mengantar, si slamet uda gak lihat masinis itu. Dan semua penumpang tiba tiba hilang. Pintu kereta perlahan menutup dan slamet loncat tetapi saat terjatuh ke tanah di menjatuhkan kaki kanan terlebih dahulu, bukan kaki kiri. Saat itu dia melihat semua keaadaan kereta sangat menyeramkan. Dan saat kereta itu pergi dia berdiri. Dan dia melihat ada petugas yg sedang menjaga akan menghampiri dia. Yg mengejutkan saat petugas itu bertanya "mas... ngapain mas jalan dari setiap rel ????". Dalam arti orang itu jalan. Di berita sislamet ini gak bisa jalan 2 hari karna kakinya bengkak. KESIMPULAN : ORANG YG NAIK KERETA HANTU ITU BUKANNYA NAIK KERETA BENERAN ATAU ASLI. MELAINKAN KERETA HANTU... DAN NAMANYA AJA KERETA HANTU DAN PASTI KALAU MENAIKI KERETA ITU AKAN BERADA DIDIMENSI GAIB ATAU DIMENSI LAIN YG SECARA DILIHAT ORANG YG MENAIKI DIA SEDANG MENAIKI KERETA TAPI KENYATAANNYA ORANG TERSEBUT HANYA JALAN DARI STASIUN BOGOR KE MANGGARAI. JADI INTINYA KERETA ITU GAIB GAN...BUKAN KERETA BENERAN. DAN YG BISA NGEBUKTIIN ITU KALAU MEMANG ADA YG NGAKU PERNAH NAIK KERETA ITU PASTI KAKINYA BENGKAK KARNA DI SEBENERNYA JALAN.... (INGET...DIA ITU JALAN....BUKAN NAIK KERETA). KARNA KERETA YG DIA NAIKI ITU GAIB

    BalasHapus
  16. kalau hantu itu gak ada silahkan debat juga sama pencipta kamus kenapa dalam kamus ada kata hantu nya hahahaha....

    BalasHapus
  17. Tmn saya sendiri kok ngalamin kereta dr Manggarai tujuan Bogor turun di Lenteng agung. Perasaan dy naik kereta tp dliat sm tkg majalah di stasiun yg lg beres2 dia itu jln kaki di rel Krn zmn itu lewat jam 9 mlm klu g slh kereta dah gak ada. perasaan tmn saya dy naik kereta penumpang sih ada cuma gda suara sm sekali pd diem semua. Tiap stasiun berhenti. Lagian keberadaan makhluk halus itu emg ada kok.

    BalasHapus
  18. Kalau mau kritik itu face to face gan
    Kalau begini kesanya saling menjatuhkan .klarifikiasi aja langsung sm yg brsangkutan dan di urus secara kkluargaan.

    Rebes persoalan,gak jelek juga bangsa perfilm an dan gk jelek juga prusahaan KRL nya

    BalasHapus
  19. Kalau mau kritik itu face to face gan
    Kalau begini kesanya saling menjatuhkan .klarifikiasi aja langsung sm yg brsangkutan dan di urus secara kkluargaan.

    Rebes persoalan,gak jelek juga bangsa perfilm an dan gk jelek juga prusahaan KRL nya

    BalasHapus
  20. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/baru-sehari-tayang-london-love-story-3.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/mandi-2-kali-sehari-ternyata-tak-baik.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/polisi-26-korban-tewas-kecelakaan-bus.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus